Wednesday 20 April 2016

DAFTAR ISTILAH-ISTILAH DI BIDANG PERTANIAN

      Berikut bebera istilah -istilah   dalam pertanian




 FOTOSINTESIS   ;proses pengubahan zat2 anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil                          menjadi zat2 karbohidrat dengan bantuan cahaya matahari.
Agrobisnis;           melakukan usaha perdangangan dalm bidang hasil pertaniaan'
Agraria;                urusan pertanian atau tanah pertanian
Agro industri;       industri di bidang pertanian.
Palawija;               jenis    tanaman pertanian sebangsa jangung,kedelai,kecuali padi.
Benih;                   bibit tanaman yang akan di tebar.
Daerah surplus;    daerah subur sebangai hasil pertanian.
Difersifikasi;         penganeka ragaman tanaman dlam rangka meningkatkan hasil pertanian.
Embrionik;           kemampuan sel2 tanaman untukterus membelah.
Dosis;                    takaran pupuk atau pestisida yg akan di berikan pada tanaman /satuan luas lahan.
Gabah;                 bulir padi yg sudah lepas dari tangkainya.
Hibrida;                tanaman hasil penyilangan( dikawinkan)
Hara   ;                 zat yg diperlukn tumbuhan atau tanaman untuk pertumbuhan.
Holtikultura;        pembudayaan tanaman buah,bunga dan sayuran.
Auksin;                hormon pertumbuhan pemacu akar atu zat aktif dalam system perakaran.
C/N ratio;            perbandingan karbon(c) dan N dalam satu bahan.
Hidro ponik;       sistem bercocok tanam yg mengunakan air sebagai medianya.
Humus;                sisa-sisa tumbuhan  yg di ubah mikro organisme dalam tanah  menjadi                                     tanah yg subur.
Insektisida;                   obat pembasmi serangga.
Intesifikasi  pertanian ;     usaha2 meningkatkan produk pertanian melalui panca usaha pertanian.
Kompos;                pupuk alam yg terbuat dari sampa organik dll.
Pupuk   ;                bahan atau zat  yg  diberikan pada tanaman.
Pasca panen;          masa sesudah panen.
Alelopati;              senyawa kimia yg dikeluarkan tumbuhan untuk menghambat atau bahkan
                            membunuh tumbuhan lain.
Embriophyta;       tumbuhan tak berpembuluh seperti lumut2an.
Ethylene;             senyawa unik dan hanya di jumpai dalam bentuk gas.
Fungisida;           obat untuk membunuh hama tanamann  yg disebabkan oleh jamur.
Gibberellin;         hormon pertumbuhan pemacu bunga dan buah.
Gulma      ;           tumbuhan pengganggu tanaman.
Anak cabang        ;tunas baru  pada cabang tumbuhan.
Bakterisida            ;obat untuk membunuh  hama tanaman  yg di sebabkan oleh bakteri nitrifikasi.
Cytokinins            ;merangsang pembelahan sel, pertumbuhan tunas dan mengaktifkan gen
                                 serta aktifitas metabolisme  secara umum.
Hama                    ;penyakit/gangguan pada tanaman.
Herbisida              ;obat untuk membunuh hama tanaman .
Hibridisasi            ;penyerbukan antara tanaman homo zigot.
Hibrid                   ;hasil persilangan dari 2 species.
Insektisida            ;obat untuk membunuh hama tanaman yg di sebabkan oleh binatang.
Mutasi                  ;perubahan bentuk daun ,kriting dbb.
PH   tanah                     ;tingkat keasaman atau basah tanah.
Spermatophyta      ;tumbuhan berbiji.
Sphagnum moss    ;salah satu jenis campuran media tanam.
Spike                     ;tangkai bunga.
Stek                        ;bagian vegetatif dari batang tanaman yg akan berakar untuk                                                 membentuk tanaman baru.
Stomata                  ;mulud daun.
Varietas                  ;suatu populasi tanaman dalam satu species yg menunjukkan ciri berbeda
                                  yang jelas.
VUB                        ;varietas  unggul baru.
Cucu cabang             ;tunas baru pada ranting.
Varietas Hibryda       ;keturunan langsung dari persilangan antara 2 atau lebih.

 Gulma;         tumbuhan pengganggu tanaman utama atau tumbuhan yang                           bernilai negatif atau tidak dikehendaki kehadirannya.
HPT;              Hama dan Penyakit Tumbuhan
Hydroseeding;  metode penanaman rumput dengan cara menyemprotkan    campuran benihrumput dan air dengan nozzle pada lahan persemaian.    Campuran tersebut bisa  ditambah pula  dengan pupuk dan mulsa
Kompot (Compot);      Pot/wadah tanaman yang berisi lebih dari dua individu                                     tanama (Community pot)
Naungan;   atap, penutup bidang atas tanaman untuk mengurangi atau                              menutup sama sekali dari pencahayaan
OPT;                 Organisme Pengganggu Tanaman
Pendangiran;   kegiatan menggemburkan tanah sekaligus mengendalikan gulma
Pestisida;  sebutan umum untuk bahan kimia pengendali organisme                                        pengganggu tanaman
Planter box;    wadah tanaman massal
Rootballing; salah satu metode yang digunakan dalam memudahkan               transportasi  tanaman yang dilakukan dengan membungkus bola akar beserta   media tumbuhnya
Steger;           struktur penyangga tanaman (biasanya untuk jenis pohon)
Stek;           bagian vegetatif dari batang tanaman yang akan berakar untuk membentuk tanaman baru.

3 comments:

  1. Nama saya Lady Esther, Anda dipersilakan untuk ACCESS LOANS FIRM tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah pertahanan keuangan menjadi individu kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang ditentukan dan memiliki sumber daya keuangan yang baik selingkuh atau merampok orang dari uang mereka adalah tabu. di mana Anda secara finansial siap untuk mengatasi kekurangan keuangan saya, saya terhenti itulah sebabnya kami datang ke sini untuk memberitahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama dari ACCESS LOANS FIRM adalah untuk menyediakan dana di mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:

    PINJAMAN TERSEDIA YANG KAMI TAWARKAN

    ✓ Pinjaman Pribadi
    ✓Housing Loan,
    ✓ Tagihan rumah sakit
    ✓ Renovasi rumah
    ✓ Perluasan Bisnis
    ✓ Refinancing Perluasan Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi
    ✓ Pinjaman Bisnis
    ✓ Pinjaman Investasi

    Jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu agar staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    e-mail:
    HEAD OFFICE (accessloansfirm@gmail.com)
    CABANG MANAJER (estherpatrick83@gmail.com)
    WhatsApp (+1 850-677-1763)

    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena kerja sama bertahun-tahun membuat kami terus berjalan karena penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa stres.
    Terima kasih semua

    ReplyDelete



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete