Wednesday 27 April 2016

ANATOMI DAN FISIOLOGI ORGAN REPRODUKSI TERNAK JANTAN

   
Sistem reproduksi jantan terdiri dari testis yang dikelilingi tunika vaginalis dan selubung testisepididymisduktus deferen, kelenjar aksesori (kelenjar vesikulosa, prostat danbulbouretralis), urethra, dan penis yang dilindungi oleh prepusium.
Fungsi alamiah seekor hewan jantan adalah menghasilkan sel-sel kelamin jantan atau spermatozoa yang hidup, aktif dan potensial fertil, dan secara sempurna meletakakannya ke dalam saluran kelamin betina          






  Secara anatomik alat kelamin jantan di bagi atas 3 bagian besar  yaitu;
            
  1.Gonad atau testes,dimana gonad merupakan alat kelamin utama.
           
  2.Saluran reproduksi,Dimana saluran ini terdiri atas;Epidydimis,Vas deferens dan  Uretra.
               
  3.Alat kelamin bagian luar yaitu;                     
 -penis sebagai kopulasi,penyalur mani dan urine yang dibungkus   prepotium.
   -Skrotum.

TESTES






    

 Bentuk testes bulat,panjang dengan sumbuh memanjang kearah vertikal.
 dari testis yang dikelilingi tunika vaginalis dan selubung testisepididymisduktus deferen, kelenjar aksesori (kelenjar vesikulosa, prostat danbulbouretralis), urethra, dan penis yang dilindungi oleh prepusium Testis adalah organ reproduksi primer pada ternak jantan, sebagaimana halnya ovarium pada ternak betina. Testis dikatakan sebagai organ primer karena berfungsi menghasilkan gamet jantan (spermatozoa), Tahapan spermarogenesis meliputi spermatogonium,spermatositprimer, spermatosit skunder, spermatid muda, dan spermatid matang
     Testis dibungkus oleh kapsul putih mengkilat (tunica albuginea) yang banyak mengandung serabut syaraf dan pembuluh darah yang terlihat berkelok-kelok. Di bawah tunica albuginea terdapat parenkim yang menjalankan fungsi testis. Parenkim membentuk saluran yang berkelok-kelok (Frandson, 1992). Secara sentral, septula testis berlanjut dengan jaringan ikat longgar darimediastinum testis. Kuda jantan, mediastinum testis terbatas pada kutub kranial testis, tetapi pada hewan piaraan umumnya menempati posisi sentral. Jaringan ikat yang mengisi ruang intertubular mengandung pembuluh darah dan limfe, fibrosit, sel-sel mononuklear bebas dan sel interstisial endokrin (sel Leydig) (Dellman, 1992).
     besar testes di tergantung pada umur,jenis sapi dan kondisi makanan.

                      Fungsi testes antara lain;

                  a.menghasilkan sel kelamin jantan (spermatozoa)
                  b.menghasilkan hormon kelamin jantan,androgen/ testosteron

                      EPIDYDIMIS
         Epididymis merupakan pipa panjang dan berkelok–kelok yang menghubungkan vasa eferensia pada testis dengan ductus deferens.               
 Epidydimis                 Terdiri dari;
               
                  1.bagian kepala(caput epidydimis)
                   2.bagian badan(corpus epidydimis)
                   3.bangian ekor(cauda epidydimis)
     
Fungsi epidydimis adalah sebangai transportasi, konsentrasi,pemasakan/ pendewasaan dan tempat sementara timbunan spermatozoa.
      Spermatozoa di dalam Epididymis mengalami beberapa proses pematangan, seperti mendapat kemampuan untuk bergerak. Epididymis merupakan saluran reproduksi yang amat penting, karena saluran sangat menentukan kemampuan fertilitas sperma yang dihasilkan. Adapun fungsi pokok Epididymis adalah alat transfor, pendewasaan, penimbunan sperma dan sekresi cairan Epididymis. Sperma melewati Epididymis berkisar antara 9 sampai 13 hari yang dialirkan oleh cairan testis, aktivitas silia epitel dari duktus deferens dan oleh kontraksi otot dinding saluranEpididymis. Bagian cauda epididymis nampaknya merupakan organ khusus untuk penimbunan sperma , karena sekitar 75% dari total sperma Epididymis berada dibagian ini dan kondisi lingkungannya memberikan kemampuan fertilitas yang lebih tinggi dibanding dibagian lain. Sperma yang berasal dari bagian cauda Epididymis memberikan persentase kebuntingan 63% dan lebih tinggi dibanding sperma yang berasal dari bagian caput Epididymis yang hanya 33,33%                   

  SCROTUM
                     Scrotum adalah kantong testes yg berfungsi mengatur temperatur testesdan epidydimis supaya tetap bertemperatur lebih rendah dari tubuh normal, dan melindungi testes dari pengaruh luar secara langsung.
Kelenjar -kelenjar pelengkap
            
·         kelenjar vesikularis,yg menghasilkan cairan agak kental lengket yg berfungsi membri makanan,menambah volume dan mengatur semen.
·         kelenjar prostata,pd sapi jumlahnya sepasang,bentuk bulat dan jauh lbih kecil di bandingkelenjar vesikularis.
·         kelenjar cowper,bentuknya bulat dan biasanya terlihat adanya tetesan-tetesan cairan daripenis yg berfungsi membersihkan urethra dari sisa-sisa urine.
Urethra
             Urethra adalah saluran yg berfungsi ganda yaaitu sebagai saluran urine dan saluran mani(sperma)terbentang dri vasdeferens sampai ke ujung penis.
        Penis mempunyai 2fungsi yaitu
1.       menyemprotkan semen kedalam alat reproduksi betina,dan untuk saluran perkemihan.
2.       praeputium berasal dari kulit yg berfungsi melindungi penis dari penngaruh luar dan kekeringan.

Spermatogenesis      
           pembentukan spermatozoa dinamakan spermatogenesis,yang terdiri dari 3 tahap yaitu;
1.spermatocytogenesis
       disebut juga tahap memperbanyak,pada fase ini terjadi pembelahan mitosis beberapa kali dan
       hasil akhirnya spermatosit 1.
2.miosis
         spermatosit 1 akan mengalami miosis beberapa kali dan hasil akhirnya spermatid yg bentuknya          telah memiliki ekor yg kecil.
3.spermiogenesis
         
              pada tahap ini spermatid akan menjadi spermatozoa melalui 4 fase ;fase golgi,fase mantel,fase acrosom daan faase pematangan.
            spermatozoa dihasilkan terus menerus dan di cadangkan dalam epidydimis.

No comments:

Post a Comment