Monday 9 May 2016

TEKHNIK PENGGEMUKAN KAMBING UNTUK KEPERLUAN PADA HARI IDUL ADHA

 .Penggemukan Kambing sebenarnya sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini pun masih banyak para petani yang membudidayakan / penggemukan kambing untuk investasi maupun hanya sekedar untuk diternakan saja ,sudah menjadi tradisi terutama yang berada di pedesaan jika lahan yang kosong sering dimanfaatkan untuk mencari rumput sebagai sumber makanan bagi hewan peliharaanya atau sebagai proses penggemukan. 
hal hal yang perlu di perhatikan dalam penggemukan kambing antara lain;

  • persiapan
  • pemilihan lokasi
  • pembuatan kandang
  • memilih bibit kambing yang akan di gemukkan
  1. persiapan
mulailah 5 bulan sebelum hari raya Idul Adha,dengan perincian satu bulan prtama untuk pembelian kambing umur 10 bulan dan persiapan kandang,kenapa umur 10 bln,karena pada saat waktuya di kurbankan usia kambing sudah mencapai atau melebihi umur 1 tahun dan sudah memenuhi syarat.

      2,pemilihan lokasi
lokasi yang ideal untuk penggemukan kambing adalah jauh dari keramaian dan dekat dengan sumber pakan dan kebutuhan kambing lainya,

      3,pembuatan kandang
Buatlah kandang dengan ukuran 6x 6 m,untuk kapasitas20 ekor kmbing, kandang disekat dengan ukuran 150x60cm dengan tujuan supaya kambing tidak berkelahi,kandang sebaiknya di bangun menghadap ke timur atau barat agar kambing mendapatkan sinar matahari yang cukup,Didalam pembangunan kandang juga di perlukan sirkulasi udara yang baik yaitu dengan suhu udara sekitar 35c.  Yang di maksud paha tahap ini adalah dengan menentukan lokasi kandang agar mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Lokasi tidak terhalang pagar tembok atau bangunan besar di sekitar kandang. Sirkulasi udara yang lancar juga akan menjaga kondisi kandang agar tetap sehat karena kotoran akan kering dan bau tidak sedap akan terbawa angin.

Bersih adalah kunci sukses untuk menjaga kesehatan Kambing, begitu juga penempatan lokasi pembangunan kandang juga pada area yang bersih, tidak dekat dengan pembuangan sampah, kotoran kambing sendiri, got, dan area kotor lainnya. Lokasi kandang yang bersih ini perlu di perhatikan, karena jika tidak kambing akan hilang nafsu makan, dan kemungkinan lain Kambing akan mudah terserang beberapa penyakit.
Kebersihan lokasi kandang dan kandang ini memang menjadi masalah yang di abaikan oleh para peternak kambing yang sudah berjalan, hal ini tidaklah di anggap sebagai sesuatu yang penting. Perlu kita ketahui bahwa lokasi dan kandang yang kotor akan memicu banyaknya patogen jahat dan beberapa sumber penyakit yang membahayakan kesehatan Kambing.  Jika sudah demikian maka yang di rugikan bukan hanya peternak Kambing sendiri, namun berimbas kepada masyarakat yang tinggal di dekat lokasi kandang yang kotor.
         
          4,memilih bibit kambing yang akan di gemukkan
pilihlah bibit kambing yang cocok yaitu kambing yang sehat,gemuk,lincah,dan usia sudah 10bulan dan harganya murah,
-pemberian makan 2 kali sehari
-perhatikan kebersihan kandang,jaga kandang tetap kering,
-segera obati kambing yang sakit,



No comments:

Post a Comment